Saturday, October 13, 2012

Sistem Pembangun Sebuah Robot

Sistem Pembangun Sebuah Robot

Pembangunan sebuah robot meliputi beberapa hal penting yang seharusnya ada, yaitu :

Sistem Mekanik Robot

Terkait dengan sistem mekanik robot adalah bagaimana memilih material (bahan) pembangun fisik robot. Tentu saja kita yang masih berada dalam taraf belajar akan menemui kesulitan dalam mencari dan memilih material pembangun robot yang akan digunakan. Namun, anda tidak perlu khawatir. Jenis-jenis matrerial pembangun robot bisa kita ketahui dengan melihat film atau video dokumentasi mengenai robot yang kadang-kadang ditayangkan melalui siaran televisi. Cara lainnya adalah dengan menjelajah dunia internet tentang bahan, kita harus membuat sebuah model atau desain fisik dari robot yang hendak kita bangun. Sepintas membangun robot terlihat sepele, tetapi tanpa adanya desain yang tergambar (printed) pada kertas kita mungkin akan mengalami kesulitan. Dalam mendesain robot kita tidak harus menggunakan bantuan komputer (Computer Aided Design/CAD). Untuk membangun robot sederhana, cukup gunakan secarik kertas untuk mencoret-coret gambaran desain robot kita. Jika kita sudah mahir menggunakan CAD, maka desain bisa digambar dengan bantuan komputer sehingga hasilnya pun akan terlihat lebih menarik.

Sistem Elektronik Robot

Bagian kedua robot kita, yang juga memiliki peran penting dalam sebuah rancangan robot adalah adanya sistem elektronika robot. Sistem elektronika sebuah robot meliputi adanya rangkaian pengendali utama (main controller), rangkaian sensor, dan juga rangkaian driver aktuator. Aktuator adalah elektromekanik yang memiliki daya gerak. Dalam pembuatan robot pastilah kita mengguanakn aktuator karena aktuator berfungsi sebagai penggerak robot sehingga suatu robot bisa menyelesaikan amanahnya sebagai robot. Pada umumnya, aktuator robot yang bisa digunakan adalah motor DC, baik motor DC dengan magnet permanen, motor DC stepper, ataupun motor DC servo. Selain motor, robot juga mungkin mengguanakan aktuator penumatik dan hidrolik. Namun, aktuator tersebut digunakan hanya untuk robot-robot yang sudah memiliki fungsi yang kompleks.

Software/ Bahasa pemrograman (untuk Robot dengan Mikrokontroller)

Selanjutnya adalah software atau pemrograman. Bagian tersebut digunakan dalam pembangunan robot dengan komponen programmable, seperti IC mikrokontroller/mikroprosesor atau juga programmable logic controller (PLC). Komponen programmable adalah komponen yang terbuat dari bahan semikondukter dan merupakan integrasi dari berbagai komponen elektronika di dalamnya dan dapat diprogram ulang demi tujuan pengendalian robot. Komponen programmable digunakan oleh robot-robot yang dibuat untuk melakukan tugas-tugas yang beragam dan biasanya bekerja secara otomatis. Dengan demikian, robot yang bersifat unprogrammable (sederhana), yang bisa bergerak hanya dengan rangkaian elektronika analog biasa, tidak memerlukan program atau software tersebut. Bahasa pemrogram komponen programmable yang sering dipakai adalah bahasa pemrograman assembly dan/atau bahasa pemrograman C/C++, sedangkan untuk PLC, digunakan bahasa pemrograman PLC berupa diagram tangga (ladder diagram).

No comments:

Post a Comment