Wednesday, October 24, 2012

Membuat Label CD di Linux

Membuat Label CD di Linux

Sore ini ada saudara yang sedang mengurus persyaratan wisuda. Salah satu syaratnya adalah mengumpulkan softcopy dari skripsinya dalam bentuk kepingan CD. Pada CD tersebut mesti diberi label berupa judul skripsi beserta dengan nama mahasiswa. Berhubung saya menggunakan linux ubuntu jadi saya cobakan untuk mencari (via google) software apa yang berjalan di linux untuk membuat label CD. Didapatlah sebuah nama yaitu gLabels.
Cara installnya gampang banget, karena saya agak lumayan lebih suka jika instalasi aplikasi menggunakan command line (walaupun lewat synaptics juga bisa) maka saya cukup ketikkan baris perintah berikut untuk melakukan instalasi:
1
$ sudo apt-get install glabels
Tidak begitu lama selesai deh instalasinya. Beginilah penampakan softwarenya:



Setelah instalasi jika ingin membuat label baru, saya sarankan dimulai dari membuat templatenya dahulu, sebab kertas stiker label CD yang beredar di pasaran beda-beda ukurannya (apalagi kualitas kertasnya :) ). Berikut ini tahapannya:
  1. Masuklah ke File > Template designer
  2. Setelah muncul welcome bla…bla…bla… maka klik saja Forward
  3. Ntar muncul form untuk memasukkan Name and Description, masukkan saja merk kertas yang anda beli, jadi kalau misalnya dilain kesempatan beli kertas dengan merk yang sama bisa gunain template yang sudah ada. Jika sudah klik Forward
  4. Langkah berikutnya aplikasi ini akan meminta anda untuk memilih jenis kertas beserta ukurannya, berhubung yang beredar di pontianak kebanyakan model kertas stikernya memanjang maka saya masukkan aja Other, maka akan muncul kotak yang menanyakan detail dari lebar dan tinggi kertas. Silahkan saja anda ukur menggunakan penggaris berapa inch ukuran kertas anda. Jika sudah klik Forward
  5. Tahapan selanjutnya aplikasi akan menanyakan jenis labelnya, saya pilih di opsi ketiga yaitu CD/DVD
  6. Nah, yang seru adalah tahapan selanjutnya ini, yaitu menentukan detail ukuran lingkaran CD, sudah ada gambarnya silahkan anda ikuti petunjuk notasi pada gambar sesuai dengan ukuran kertas anda. Jika sudah klik Forward



  7. Untuk number of layout saya pilih no 1. Kemudian klik Forward
  8. Selanjutnya aplikasi ini akan meminta anda memasukkan konfigurasi ukuran-ukuran untuk layout, Number accross (jumlah lingkaran cd secara horizontal), Number down (jumlah lingkaran cd vertikal). Berhubung stiker label cd yang beredar di pasaran itu 1 x 2 alias 2 lingkaran memanjang ke bawah maka saya pilih untuk Muber accross 1 dan Number down 2. Untuk konfigurasi selanjutnya yaitu x0 dan y0 itu anda ukur saja ukuran dari tepi kertas hingga lingkaran terluar dari cd. Jika sudah anda cobakan dahulu untuk print test sheet. Dalam melakukan presisi ukuran ini anda terkadang mesti berkorban paling tidak satu lembar kertas label. Jadi setelah anda print test sheet, anda lihat apakah garisnya sudah pas masuk ke stiker label cd yang sudah anda beli. Jika sudah pas klik Forward.
  9. Design template anda sudah selesai dan klik apply
Yang Baru saja kita lakukan adalah membuat templatenya. Untuk menulis di label cd nya sendiri klik dahulu File > New dan pilihlah jenis template yang sudah anda buat tadi, dan setelah anda klik OK maka anda tinggal lakukan desain sesuai keinginan.

Sumber :
http://www.wiradian.net/2012/03/membuat-label-cd-di-linux/

No comments:

Post a Comment