Tuesday, October 9, 2012

Download Pedoman Perhitungan Beban Kerja Guru

Download Pedoman Perhitungan Beban Kerja Guru


Anda seorang guru dan bingung bagaimana cara kerja Perhitungan Beban Kerja Guru maka kali ini saya mencoba untuk membagikan Pedoman Perhitungan Beban Kerja Guru yang dikeluarkan di tahun 2008 oleh Dirjen PMPTK Departemen Pendidikan Nasional [Belum berubah nama departemen saat itu].


Pedoman Perhitungan Beban Kerja Guru ini berguna bagi guru yang sudah bersertifikasi maupun yang ingin mendapatkan sertifikasi karena di pedoman ini dijelaskan bagaimana cara mengatasi kekurangan jumlah tatap muka yang diwajibkan 24 jam tersebut.
Baiklah dari pada kepanjangan menulisnya karena saya juga mau jalan-jalan sore. Bagi yang berminat silakan saja Download Pedoman Perhitungan Beban Kerja Guru dengan cara mengklik tulisan di bawah ini.

Buku Pedoman Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit


Bagi seorang guru yang ingin naik pangkat tentu punya syarat yaitu memenuhi syarat Penetapan Angka kredit (PAK). Namun biasanya PAK itu sendiri dilakukan oleh para Tim Penilai yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan setempat (biasanya pengawas sekolah sih).
Nah, sebelum PAK itu dikeluarkan, biasanya para Guru disuruh membuat Daftar Usulan Penetapan Angka kredit DUPAK dan tentu saja itu membuat sendiri tapi bisa juga minta bikinkan pada mereka yang sudah ahlinya (biasanya guru yang sudah lama jam terbangnya). Namun bagi yang ingin menghitung PAK sendiri tentunya harus mempunyai buku pedoman cara perhitungan PAK.
Dan satu hal lagi, jangan berharap banyak terhadap DUPAK yang anda buat karena berdasarkan pengalaman pribadi biasanya akan berbeda setelah itu dihitung oleh tim penilai.
Akhirnya tulisan saya akan berikut link download Buku Pedoman PAK, silakan download disiniBuku Pedoman Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit.

Mengenal Penilaian Kinerja Guru [PKG]

Sekarang guru sedang disibukkan dengan yang namanya Penilaian Kinerja Guru [PKG]. Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu mengerti namun memang ada baiknya kita harus mengetahuinya. Berikut saya berikan satu bundel tentang PKG.
Bagi yang berminat mengenal PKG silakan download link dibawah ini.
  • Peraturan PKG [Unduh]
  • Buku PKG [Unduh]
  • Buku dan Angka Kredit [Unduh]
  • Kesimpulan  [Unduh]
  • Penjelasan PAK [Unduh]
  • Proses Verifikasi Data PK Guru [Unduh]
  • Penjelasan PRoses PAK [Unduh]
  • Proses PKG di Sekolah [Unduh]
  • Overview PKG dan PKB [Unduh]
  • Paparan Permegpan 16 [Unduh]
Demikian yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment