Monday, November 26, 2012

Tips Presentasi DiDepan Umum dengan Baik

Tips Presentasi DiDepan Umum dengan Baik

Assalamualaikum,Beberapa hari lalu saya pernah mengikuti ulangan tengah semester disekolah, kebetulan pada hari itu adalah bahasa inggris,jadi tugas saya ialah mempresentasikan Dengan bahasa inggris, serta menggunakan Microsoft power point sebagai pendukung presentasi..

Ya itu adalah pengalaman saya kemarin-kemarin, bagaimana dengan anda ? anda pun pasti sering melakukan presentasi dengan Bantuan Microsoft power point ??

Memang, tidak seperti sebelum kehadirannya Proyektor, dll sehingga untuk mempresentasikan sesuatu agak sedikit sulit, karena minim nya media.

Namun jangan salah, walaupun kita memiliki media sebagai media pendukung, akan tetapi audience justru melihat performa presentasi kita bukan melihat bagus nya file presentasi yang disimpan Di power point.

Untuk itu saya memiliki beberapa tips yang saya dapat dari berbagai sumber ,semoga bisa membantu anda agar performa presentasi anda bagus :

1. Pahami isi Materi
Tentunya ini menjadi kunci utama, kita harus tahu apa yang harus di presentasikan beserta isi-isinya,jangan diibaratkan kita memiliki motor namun kita tidak bisa menggunakannya, jadi sebelum presentasi, siapkan dulu materi yang akan di presentasikan,di pelajari hingga anda mengerti semua materi nya.

2. Santai dalam membawakan
Ini adalah test mental anda, walaupun dalam segi mekanisme presentasi anda sudah siap, namun dalam pembawaan terkadang ada perasaan gugup,dan lain-lain untuk menghilangkannya anda santai aja dalam berbicara, seperti anda sedang berbicara sendiri dikamar, gunakan sapaan kepada audience itu pun bisa meringankan perasaan gugup anda

3. Isi Slide ? Simple.
Ini yang sering terjadi dari beberapa orang, Karena belum mengerti materi yang akan di tampilkan , sebagai antisipasi mereka mengcopy materi tersebut dalam sebuah slide,sehingga audience pun akan pusing dengan kalimat-kalimat” yang sangat panjang, Ini bisa membuat audience bosan, karena hakikatnya tugas kita sebagai yang mempresentasikan ialah , sebagai orang yang menjelaskan, memberi solusi pada materi tersebut. Jadi dalam isi slide hanya dimasukkan seperti judul Presentasi, serta beberapa point-point penting dalam materi tersebut, setelah itu anda tinggal menjelaskan point-point tersebut.

4. Gunakan Nada dalm sebuah slide
Ini hal yang saya senangi,karena Orang-orang akan terpengaruh dengan apa yang kita presentasikan dengan alunan musik yang khas.
Seperti ketika kita mempresentasikan Tentang motivasi, tentu nada yang digunakan ialah sebagai penyemangat,jadi di tiap emosi yang ingin dikeluarkan, lebih efektif lagi menggunakan musik sebagai backsound presentasi anda.

Saya yakin dari ke 4 tips ini anda sudah paham betul namun ini sebagai pengingat saja, sekaligus hikmah yang diambil dari pengalaman saya, bila ada tambahan ? anda bebas menambahkan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga setelah membaca tips ini anda makin paham dan performa presentasi anda meningkat , selamat mencoba …

Wassalmualaikum…

No comments:

Post a Comment