Wednesday, November 21, 2012

Strategi Pemasaran Produk Mobil dan Motor Internet Marketing

Strategi Pemasaran Produk Mobil dan Motor Internet Marketing

Produk Mobil dan Motor â€" judul Artikel ini sengaja saya ambil dan saya tulis karena melihat banyaknya pengunjung yang masuk untuk mencari informasi tentang cara atau strategi menjual mobil dan motor. Maka dari itu, saya tergerak untuk membantu semaksimal mungkin bagi Anda yang saat ini sedang mencari-cari bagaimana trik dan strategi yang tepat untuk penjualan produk mobil (Honda, Suzuki, Toyota, Daihatsu, Isuzu, KIA, Mitsubishi, Audi, Mercedes Benz, BMW, hyundai, mazda) dan motor (Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki, KTM, TVS). Baik itu atau dan maupun .



Jika Anda saat ini sedang berfikir keras untuk mendapatkan Strategi Pemasaran Produk Mobil dan Motor, saya yakin Anda baru saja sedang di panggil oleh pimpinan atau owner karena penjualan anda sedang lesu, atau bahkan Anda adalah seorang owner yang sedang pusing karena jualan Anda sedang anjlok? he..he..sory just guyon.
Sebelum saya menjadi praktisi internet marketing saya juga seperti anda, saya bekerja di salah satu perusahaan milik astra (silahkan lihat profil saya), sedikit banyak saya tahu bagaimana cara astra membidik pasar. Dari bekal ilmu yang saya dapat dari astra, saya implementasikan dan saya aplikasikan ke ilmu internet marketing. Karena terbukti dengan internet marketing pemasaran menjadi lebih MUDAH, MURAH dan EFEKTIF.
Langsung saja kita bahas bagaimana strategi Pemasaran Produk Mobil dan Motor yang tepat untuk membantu meningkatkan penjualan Anda. Saya tidak akan bertele-tele dengan teori strategi pemasaran yang notabene malah membuat kita menjadi bingung.
Berikut yang harus anda lakukan :
  1. Bikin website showroom Anda. Sama dengan showroom, Anda dapat memasang produk Anda pada halaman website, sehingga pembeli atau pengunjung dapat dengan mudah melihat dan memilih type dan harga produk yang ada. Sertakan alamat lengkap dan contact person. Usahakan maupun sales lapangan memiliki satu website (bikin blog gratisan saja untuk meminimalkan biaya). Terpenting dan harus diperhatikan adalah blog atau website harus segmented dan targeted, jangan asal bikin blog. Pasang iklan yang targeted dan segmented juga.
  2. Bikin akun facebook showroom Anda. Ini yang paling penting, tidak hanya showroom anda, namun semua karyawan anda harus memiliki akun facebook. Mengapa saya menganjurkan untuk membuat akun facebook? Karena dengan menggunakan facebook, anda dapat dengan mudah membidik pasar dan dapat dengan mudah menemukan pembeli dalam waktu yang singkat dan cepat. Berkenaan dengan program yang anda lakukan, anda dapat membidik konsumen anda dengan mudah. Serta dengan mudah anda dapat menemukan penggemar, club dan pecinta merek produk motor atau mobil yang anda jual.  Contoh berkenaan dengan program: Program Honda Motor Untukmu Guru Bangsa, di facebook semua guru di indonesia bisa anda temui dan tawari. Atau jika ada informasi tentang gaji 13 anda bisa langsung membidik guru dan pegawai negeri untuk ditawari produk anda. Dan rogram-program yang lain yang dapat dengan mudah anda aplikasikan di facebook, tergantung kreatifitas marketing anda sebagai manager atau owner.
  3. Bikin akun twitter showroom Anda. Secara teknis sama dengan facebook, jadi tidak perlu saya jelaskan lagi.

Bagi Anda yang menjual produk mobil, anda juga bisa menggunakan situs linkedin untuk menawarkannya, karena di situs tersebut banyak berkumpul orang-orang kaya yang pasti membutuhkan mobil yang anda jual.
Teknis secara detail dan bagaimana caranya membidik pasar jika anda masih bingung dengan penjelasan saya tentang strategi pemasaran produk mobil dan motor melalui internet, anda dapat menghubungi saya untuk memberikan pelatihan kepada anda dan karyawan anda secara detail sehingga anda dan karyawan atau anak buah anda mahir menjual melalui internet.

Tips Cara Agar Mobil Bekas Cepat Laku Terjual

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mobil yang dijual bisa dihargai cukup tinggi. Diperlukan strategi dan persiapan untuk menarik minat pembeli baru. Bisa dengan perawatan berkala pada bodi dan mesin, maupun menjaga kebersihan interior agar selalu memberikan kenyamanan saat berkendara. Berikut beberapa tips dan trik untuk menjual mobil bekas agar cepat laku dan dihargai cukup tinggi

  • Bersihkan kendaraan Anda secara detail baik di bagian eksterior dan interior. Metode membersihkan secara manual (dengan tenaga manusia) memiliki tingkat kebersihan mobil lebih baik. Meski hal tersebut cara paling sederhana, namun sangat efektif. Pastikan bagian-bagian tersembunyi dari mobil seperti laci depan, bagasi, kolong jok mobil, tidak meninggalkan barang apa pun.
  • Foto mobil Anda saat kondisinya bersih, dan sebaiknya menggunakan latar belakang yang sederhana serta ambil rekaman videonya (bila memungkinkan). Mulai dari detail eksterior dan interiornya serta berikan sedikit informasi di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan calon pembeli bahwa mobil ini dirawat dengan baik.
  • Jelaskan riwayat service mobil Anda selama ini kepada calon pembeli, sebagai jaminan bahwa mobil yang pernah digunakan terawat dengan baik. Informasikan kepada calon pembeli, apakah mobil yang hendak dijual masih dalam masa garansi bengkel dan sudah diasuransikan. Ini akan menjadi nilai tambah sebuah mobil bekas.
  • Berikan semua dokumen mobil yang Anda jual kepada pemilik baru, seperti buku panduan mobil, brosur, dan dokumen lain yang menjelaskan tentang kondisi mobil Anda. Bila Anda ingin terus mengingat bahwa itu adalah mobil yang pernah Anda gunakan, Anda dapat menempelkan stiker dengan sepengetahuan pemilik baru.
  • Pastikan mobil Anda memiliki surat-surat lengkap, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan polis asuransi jika menggunakannya. Namun, bila ingin menjual mobil Anda di saat mobil tersebut masih dalam masa pembayaran cicilan (kredit), Anda dapat menanyakan pihak leasing yang memberikan jaminan kredit mobil Anda.
  • Siapkan biodata Anda kepada badan hukum untuk informasi lengkap Anda, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, model kendaraan, dan tahun pembuatan. Anda juga dapat melakukan penjualan via online sesuai peraturan negara atau mengunjungi dealer mobil bekas yang terjamin.
  • Perhatikan isu yang terus beredar. Dengan akan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak, para penjual mobil bekas harus melihat aspek kelebihan mobil bekas yang hendak dijual kepada calon pembeli. Apakah mobil tersebut irit bahan bakar, dan gas buang yang ramah lingkungan, serta sesuaikan juga harga jualnya.
  • Berikan tanda bahwa mobil Anda hendak dijual, dengan memberikan informasi model dan tahun. Jika Anda ingin calon pembeli bertanya mengenai mobil Anda, silakan masukan nama, nomor telepon, atau alamat email.
  • Rajinlah beriklan, Anda dapat melakukan posting via online dengan mengunggah foto mobil Anda. Pastikan Anda beriklan di situs yang baik untuk beriklan apa pun termasuk di bidang otomotif.
  • Menjual mobil di waktu yang tepat. Hal ini dapat Anda analisis terhadap berita di sekitar Anda. Menjual mobil di saat industri otomotif sedang berkembang, dapat membuat harga bekas mobil Anda menjadi lebih tinggi.
  • Bawa kendaraan Anda ke dealer mobil bekas dan tanyakan harga pasaran mobil bekas Anda yang selama ini berlaku untuk konsumen yang menginginkan mobil bekas berkualitas.
  • Berikan harga yang sesuai dengan melakukan negosiasi kepada dealer atau pembeli langsung untuk mendapatkan harga yang dapat disepakati oleh kedua pihak.

 


Sumber :  

No comments:

Post a Comment