Saturday, November 3, 2012

Perbedaan Facebook Fan Page dengan Facebook Group

Perbedaan Facebook Fan Page dengan Facebook Group




Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial terbesar sejagad maya. Buktinya sampai sekarang +/- 500 juta orang telah bergabung ke jejaring sosial ini. Untuk promosi produk/ bisnis anda atau pengembangan jaringan, Facebook menyediakan 2 tool yaitu : 

1. Facebook Fan Page
2. Facebook Group

Kedua tool diatas mempunyai perbedaan dari keduanya. Untuk contoh Facebook Fan Page dapat dilihat dihalaman berikut. Yang jelas kalau kita mempunyai suatu bisnis/ product dll , kemudian ingin mempromosikannya lewat facebook, kedua tool diatas sangat kami recommendasikan untuk dicoba.



Perbedaan Facebook Fan Page vs Facebook Group yang kami kutip dari searchenginejournal adalah sebagai berikut :

Key FeatureFacebook PageFacebook Group
“Ugly” URLsNoYes
Hosting a discussionYesYes
Discussion wall, and discussion forumYesYes
Extra applications addedYesNo
Messaging to all membersYes (via updates)Yes (via PMs)
Visitor statisticsYes (“Page insights”)No
Video and photo public exchangeYesYes
“Related” event creation and invitationYesNo
Promotion with social adsYesNo

Facebook Pages

Facebook Pages dapat diasumsikan sebagai Facebook Profile yang berkaitan dengan segala sesuatu selain diri anda secara personal contohnya profil bisnis, publik figur, band, politisi, dsb.
Fungsi yang membedakan dari Facebook Groups adalah:
  1. Tujuannya untuk promosi.
  2. Anggota dalam Pages disebut sebagai Fans.
  3. Nama admin tidak diperlihatkan.
  4. Dapat menambahkan aplikasi.
  5. Dapat memiliki alamat URL khusus.
  6. Terdapat fitur untuk memonitor jumlah pengunjung Pages.
  7. Memiliki status update yang akan muncul di halaman update para Fans.
  8. Admin dapat mengirimkan pesan ke semua Fans berapapun jumlah Fans-nya.

Facebook Groups

Facebook Groups merupakan tempat berkumpulnya para pengguna Facebook yang memiliki kepentingan atau minat yang sama contohnya grup untuk alumni sekolah, komunitas sepeda, dsb.
Fungsi yang membedakan dari Facebook Pages adalah:
  1. Tujuannya untuk membentuk suatu komunitas.
  2. Anggota dalam Groups disebut Member.
  3. Nama admin diperlihatkan.
  4. Tidak dapat menambahkan applikasi.
  5. Tidak dapat memiliki alamat URL khusus.
  6. Tidak terdapat fitur untuk memonitor jumlah pengunjung Groups.
  7. Tidak memiliki status update.
  8. Admin dapat mengirimkan pesan ke semua Member jika jumlah Member kurang dari 5000.
Adapun persamaan fitur yang dimiliki keduanya antara lain :
  1. Wall.
  2. Photo & Video.
  3. Discussion Board.
Kini Anda sudah bisa membedakan keduanya bukan? Yang penting untuk Anda perhatikan, walaupun Anda dapat membuat Group sebanyak-banyaknya, jangan sampai Anda membuatnya secara berlebihan karena akan diblokir oleh pihak Facebook. Begitu juga dengan Pages, Anda harus merupakan perwakilan resmi dari produk, organisasi atau bisnis yang Anda buatkan Pages-nya. Bila aturan ini dilanggar, bukan hanya Pages Anda saja yang akan dihapus, akun Facebook Anda juga bisa saja dihilangkan…
That’s it. Enjoy!

Kesimpulannya:

Facebook Page umumnya lebih baik digunakan untuk hubungan jangka panjang dengan penggemar,  pembaca, pelanggan dll
Facebook group umumnya lebih baik digunakan untuk forum diskusi yang aktif dan untuk menarik perhatian orang dengan cepat.




Semoga Bermanfaat.......


No comments:

Post a Comment