Monday, November 12, 2012

Cara Membuat Product Review yang Bagus

Cara Membuat Product Review yang Bagus


Bila Anda serius dalam Bisnis Internet menulis atau membuat “Product Review” adalah pekerjaan Wajib. Tanpa menguasai bidang ini maka dapat saya pastikan bisnis yang Anda geluti akan kecil dalam konversinya atau sulit menjadi seorang Netpreneur yang sukses. Banyak yang menyebut istilah product review sebagai product recommendation atau pre-sell.


Berikut adalah alasan-alasan mengapa Product Review sangat vital:

1. Lebih dari 80% konsumen membeli product di Internet karena telah membaca product review untuk produk yang bersangkutan.
2. Product review sebagai pertimbangan utama dalam menentukan keputusan.
3. Product review yang bagus menjadi acuan dalam membeli.

Faktor-faktor Penting dalam membuat Product Review adalah:

1. Long Tail Keyword
Sebelum menulis sebuah product review, Anda sebaiknya meneliti dulu apa sih keyword utama yang sering dicari pembeli. Hal ini sangat penting karena buat apa Anda menulis product review apabila jarang atau kering pembeli. Contoh long tail keyword atau saya menyebutnya “money keyword” adalah hair loss solution, how to treat acne naturally dan sebagainya.
Jadi membuat product review itu berdasarkan long tail keyword yang Anda bidik. Paling tidak di dalam konten atau artikelnya terdapat 3 long tail keyword tersebut.
2. Ada Video atau Gambar
Jangan dianggap remeh adanya video atau gambar. Selain penting dalam teknik SEO, video atau gambar akan menarik konsumen untuk mengkliknya. Mengapa pengunjung mengkliknya? Ya, tentu karena relevan dengan yang mereka cari.
Jangan lupa untuk mengganti gambar atau video itu dengan Affilate link Anda, siapa tahu diantara konsumen yang melakukan klik ada yang membeli. Ini kan yang Anda cari sebenarnya..Sales!
3. Product Description yang Lengkap
Mereview produk janganlah setengah-setengah, berilah artikel selengkap mungkin. Makin banyak artikel yang Anda buat tentu akan semakin luas keyword yang Anda bidik.
Deskripsi produk sebaiknya mampu menjelaskan secara detil tentang product features, delivery process, benefit, hasil yang didapat, dll.
4. Bukti atau Testimonial
Faktor ini sangatlah dipertimbangkan konsumen sebelum membeli. Buat apa mereka membeli bila belum terbukti atau memuaskan pihak lain. “Jangan-jangan saya menjadi kelinci percobaan”!.
Makin baik bila Anda sendiri telah membeli atau merasakan produk tersebut, jadi sangat tahu fungsi atau kegunaannya. Bila memang produk tersebut kurang berkualitas sebaiknya jangan dijual karena akan mengecewakan pengunjung dan merusak kredibilitas Anda sebagai seorang Internet Marketer.
5. Ungkap Sisi Negatif Produk
Walaupun Anda menginginkan Penjualan namun ada baiknya ungkap juga sisi buruk produk tersebut. Siapa tahu dengan Anda jujur, malah konsumen menaruh respek lebih buat Anda, yang pada akhirnya mereka malah membeli produk tersebut.
6. Adanya Call to Action
Setelah Anda panjang lebar mengungkapkan semua spesikasi produk, benefit, kelebihan dan kekurangan, cara memakai atau mendownload produk, shipping process, dll yang terakhir adalah menuntun konsumen untuk melakukan pembelian â€œCall to Action”.
Mungkin konsumen akan semakin bersemangat untuk membeli bila dibarengi dengan berbagai trik atau strategi berikut seperti:
- Bonus tambahan Gratis.
- Adanya diskon
- Free Shipping
- Video Gratis cara mengunakan produk, dll
Perlu Anda ketahui bahwa bisnis dunia maya hampir sama dengan bisnis dunia nyata bahwa semakin banyak bonus gratis atau diskon akan membuat mereka antusias untuk membeli walaupun kadang-kadang keinginan untuk membeli hanya karena faktor emosional belaka.
Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment