Thursday, November 8, 2012

Cara Membuat Facebook Menjadi Private

Cara Membuat Facebook Menjadi Private


Barusan ada pertanyaan dari Mas Donny Kykie Gym. Bagaimana membuat account saya menjadi private ? Mencegah pencurian identitas dan melindungi privasi online Anda adalah sangat penting. Anda mengambil langkah dekat ke keamanan internet dengan mengatur profil menjadi privat di situs jejaring sosial sehingga hanya teman yang sudah di-approve yang bisa melihat informasi diri Anda. Untuk mengatur profilFacebook menjadi privat, ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini.

Caranya

  1. Membuat Facebook Menjadi Privat 300x225 Cara Membuat Facebook Menjadi PrivatLogin ke dalam Facebook.
  2. Klik Account di sudut kanan atas lalu klik Privacy Settings.
  3. Pilih Friends of FriendsFriends Only atauRecommended. Lalu klik Apply These Settings. Contohnya jika Anda memilih Friends Only, informasi profil, gambar dan post hanya bisa dilihat oleh teman yang sudah di-approve. Pilihan lainnya, bisa menggunakan Customize Settings untuk mengontrol siapa saja yang bisa melihat jenis informasi tertentu.
  4. Klik Edit your settings di bawah Applications and Website di sudut kiri bawah. Edit setiap pengaturan yang berkaitan dengan level privasi yang diinginkan.
  5. Klik Back to Privacy dan klik Edit your lists di bawah Block Lists untuk memblokir orang dan aplikasi yang mencari Anda atau yang mengirimkan permintaan.
Rawannya Pecurian akun facebook saat ini membuat kebanyakan orang untuk mengganti passwordnya secara berkala di karenakan jaman sekarang akun facebook sudah di perjual belikan, apa lagi jika akun facebook anda sudah mempunyai banyak teman, karna sekarang facebook membatasi menambahkan atau meng add teman perharinya, jadi biasanya para pedagang online lebih memilih memilih akun facebook yang sudah mempunyai banyak teman dan akun tua, maksudnya akun tua adalah akun yang di daftarkan sudah beberapa tahun yang lalu, seperti akun facebook saya contohnya yang sudah menjadi member sejak 2007, dan parahnya lagi akun facebook yang di perjual belikan itu sering di pakai untuk menipu orang. Dan bayangkan bila akun yang di pakai itu adalah akun facebook kita, tentunya yang di anggap penipu itu adalah kita, padahal sebenarnya itu adalah akun facebook hasil curian, yang bahasa kerennya di hack dan Phishing.
Jadi bagaimana cara menghindari pencurian akun facebook berikut tipsnya.
  1. Yang terpenting untuk mengembalikan password facebook kita adalah mereset passwordnya melalui email, jadi maksudnya gunakan email yang valid pada akun dan usahakan password email dan facebook berdeda, karna bila akun facebook kita di ketahui passwordnya email kita juga tidak ikut hilang, bila email juga tidak bisa dibuka maka kita harus siap-siap kehilangan akun facebook. Password juga bisa di reset melalui melalui pertanyaan-pertanyaan dari facebook namun apa kita masih ingat dengan pertanyaan yang kita masukan pada saat mendaftar facebook ? apalagi akun itu sudah terlalu lama kita daftarkan, jadi cara paling cepat adalah mereset password melalui email.
  2. Segera Logout setelah menggunakan facebook di komputer umum atau teman, ini untuk menghindari pembajakan facebook, salah satunya adalah muncul status di akun kita padahal kita tidak pernah membuat status tersebut. Dan yang terpenting menghindari  pencurian akun itu sendiri.
  3. Tips yang ke3 ini yang paling fatal adalah password facebook adalah tanggal lahir, ini adalah salah satu penyebab paling banyak pencurian akun facebook. Jadi segera ganti password anda bila itu adalah tanggal lahir. Karna sering di jumpai tanggal lahir terpampang pada profil anda jadi sangat mudah sekali di tebak. Saya dulunya juga setiap kali mendaftar akun di mana saja selalu passwordnya adalah tanggal lahir alasannya adalah mudah di ingat.
  4. Sembunyikan email anda melalui profil facebook, maksudnya email cukup di privat saja jangan di perlihatkan di publik, karna kita semua tau untuk login yang kita perlukan adalah user id yaitu email, jadi yang emailnya masing terpampang di profil segera di sembunyikan melalui pengaturan akun.
  5.  Ganti password secara berkala, namun bila cara di atas sudah di lakukan mungkin cara ini hanya pelengkap saja, karna di takutkan kita akan lupa password sendiri karna sering mengganti password.
  6. Mungkin cara di atas yang saya sebutkan sudah umum dan yang berkerja adalah manusia , bagaimana bila yang mencuri adalah robot atau sistem, nah cara ke 6 ini mungkin bisa menjawab pertanyaan itu.
Loginlah melalui https://www.facebook.com bukan melalui http://www.facebook.com bagi yang binggung dimana perbedaannya ? perbedaannya adalah pada https dan http, dengan login melalui https  kita akan login melalui sistem aman Verisign, mungkin tidak usah saya jelaskan apa gunanya itu, silahkan bertanya pada google tentang verisign atau SSL kalau tidak salah, yang jelas dengan login menggunakan https itu sudah sangat aman, di setiap website besar apalagi website keuangan biasanya pasti menggunakan SSL ini. Contoh ssl bisa di lihat pada navibar sebelah kanan bila kita login melalui https, warna biru yang tulisannya facebook.com bila diklik akan muncul tulisan verifed by : verisign trust network
Dari pada capek-capek setiap login harus  mengetikan https://www.facebook.com bisa di setting melalui pilih pengaturan akun > Keamanan > Sunting Pada Jelajah Aman Kemudian Centang dan simpan, lebih jelasnya bisa di lihat SS dibawah ini.
Nah itu sedikit tips agar akun kita aman dari para pencuri dan pembajak yang tidak bertanggung jawab Namun Bila Akun Facebook anda Sudah hilang atau berhasil di curi maka akan sulit untuk mengambilnya kembali.

No comments:

Post a Comment