Monday, October 22, 2012

Sigil: Membuat eBook Berformat ePub dengan Cepat dan Mudah

Sigil: Membuat eBook Berformat ePub dengan Cepat dan Mudah

Kecanggihan teknologi telah merubah kebiasaan orang untuk membaca buku. Jika dulu membaca buku berarti membacanya secara “fisik”, kini membaca buku bisa dilakukan secara digital dalam bentuk ebook. Dengan adanya eBook, siapapun bisa menerbitkan buku mereka sendiri secara gratis atau berbayar tanpa harus susah payah menghubungi pihak penerbit atau percetakan. PG sudah pernah membahas tentang software gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat eBook, misalnya saja Scribus dan Pages Worker. Kali ini PG akan membahas satu lagi software pembuat ebook yang gratis dan legal, yaitu Sigil.


Sigil adalah aplikasi pembuat eBook yang berformat epub dengan dukungan file teks, html serta pengeditan format epub. Selain teks kamu juga bisa menyisipkan gambar atau sampul buku dengan ukuran maksimal lebar 590 dan tinggi 750 pixel. Untuk menjadikan gambar tersebut sebagai cover, tinggal klik kanan pada gambar dan pilih “Add Semantics” kemudian pilih “Cover Image.”
Ada tak kurang dari 20 tools yang bisa kamu gunakan dengan fungsi yang beragam. Sigil juga dilengkapi tool yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kesalahan pada file epub tersebut. Caranya adalah klik pada “tombol centang berwarna hijau” untuk memverifikasi apakah sudah bebas dari kesalahan atau belum, sebelum mendistribusikannya.
Sigil juga didukung 15 macam bahasa serta dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac, dengan begini kamu bisa menggunakannya dimana saja. Jika kamu tertarik untuk menjadi penulis dan ingin menerbitkan buku secara online dalam bentuk eBook, tidak ada salahnya jika kamu mencoba aplikasi yang satu ini. Dengan Sigil kamu bisa merubah format teks menjadi epub secara cepat dan mudah.

Download Sigil pada link berikut:

Jika kamu kesulitan untuk menggunakan Sigil, kamu dapat melihat tutorial dengan membuka link dibawah ini:
Tampilan Sigil
Sigil: Membuat eBook Sendiri Dengan Mudah, Cepat dan Gratis
Sigil: Membuat eBook Sendiri Dengan Mudah, Cepat dan Gratis
Mudah bukan untuk membuat ebook berformat epub? Walaupun PG sendiri lebih senang membuat ebook dalam format PDF menggunakan Scribus atau Adobe Indesign, tetapi Sigil ini bisa menjadi alternatif jika kamu lebih menyukai format epub daripada PDF. Selamat menulis :D

No comments:

Post a Comment